Satu lagi manfaat ASI, menyumbang bakteri baik untuk pencernaan

satu-lagi-manfaat-asi-menyumbang-bakteri-baik-untuk-pencernaanSebuah penelitian terbaru kembali menemukan satu lagi manfaat ASI bagi bayi, yaitu menyumbang bakteri baik untuk pencernaan yang berasal dari ibu.

Bakteri baik tersebut rupanya bisa disalurkan melalui ASI. Pasalnya peneliti berhasil mengidentifikasi adanya mikroba dan bakteri yang ditemukan pada bayi dan ASI yang diminum.

Adanya bakteri baik pun memberi manfaat tersendiri bagi bayi. Salah satunya adalah menyeimbangkan nutrisi dan menurunkan risiko gangguan usus atau pencernaan.

“Kami cukup takjub karena menemukan kalau bakteri ternyata bisa berpindah dari sistem pencernaan ibu pada bayinya melalui ASI. Meski kami belum tahu pasti bagaimana hal itu bisa terjadi, kami yakin kalau bakteri baik tersebut memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan bayi,” papar kepala peneliti Christophe Lacroix dari Institute for Food, Nutrition and Health.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, selama ini memang sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau menyusui memang penting dan bermanfaat bagi bayi. Misalnya menurunkan risiko obesitas, infeksi pernapasan, alergi, dan menyehatkan berbagai organ penting dalam tubuh.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal Environmental Microbiology.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s