Botol Susu yang Direbus Bahayakan Kesehatan Bayi

Kebanyakan botol susu bayi terbuat dari plastik jenis Polikarbonat (PC). Jika direbus ada kemungkinan plastik ini akan melepaskan residu senyawa kimia

Kebiasaan mensterilisasi botol susu bayi dengan cara merebus botol ternyata dapat menimbulkan bahaya kesehatan bagi anak.

“Jangan merebus botol susu untuk sterilisasi, lebih baik direndam saja dengan air mendidih,” kata Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Mustofa, hari ini.

Mustofa mengatakan kebanyakan botol susu bayi terbuat dari plastik jenis Polikarbonat (PC). Jika direbus ada kemungkinan plastik ini akan melepaskan residu senyawa kimia yaitu Bisfanol yang menimbulkan bahaya Endocrine Disrupter yang menganggu sistem hormon tubuh.

Mustofa mengatakan untuk membersihkan botol susu bayi sebaiknya cukup dibilas air mendidih beberapa saat.

Botol susu juga sebaiknya tidak dicuci dengan sikat yang keras yang dapan menggores bagian dalam botol sehingga melepaskan senyawa berbahaya.

“Waspadai jika botol susu sudah berubah menjadi buram, bisa jadi bagian dalamnya sudah tergores, lebih baik botol susu bayi diganti setiap beberapa bulan sekali,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s