BUAH APA YANG AMAN DAN TIDAK?

Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk bayi. Sebaiknya buah mulai diperkenalkan atau diberikan ketika bayi menginjak usia 6 bulan. Buah bermanfaat untuk memenuhi keperluan bayi akan nutrisi yang mungkin tidak didapat dari susu.

Buah aman untuk bayi misalnya buah apel. Apel merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi bayi sehingga bayi dapat melawan penyakit yang datang. Selain itu, apel mengandung banyak zat antioksidan dan vitamin C. Pemberian apel aman selama tidak asam dan tidak keras. Apel nyatanya banyak mengandung vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti kalium, magnesium dan kalsium.

Selain buah apel, buah pir juga baik untuk bayi. Sebaiknya memilih pir Australia yang rasanya manis. Pir mengandung mineral seperti kalium, fosfor, kalsium dan juga banyak vitamin C. Rasa buah pir juga cenderung disukai karena manis dan menyegarkan.

Buah aman untuk bayi berikutnya adalah pisang. Pisang juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat berguna untuk melancarkan pencernaan. Pisang yang aman untuk bayi misalnya pisang ambon atau pisang sunripe. Pisang mengandung vitamin A, asam folat dan fosfor.

Buah labu juga termasuk buah aman untuk bayi. Buah ini memiliki banyak serat sehingga melancarkan buang air besar pada bayi. Buah ini juga tidak keras sehingga bayi gampang memakannya. Namun biasanya buah labu dicampurkan dengan roti atau dijadikan bubur labu supaya lebih disukai oleh bayi.

Beberapa buah aman untuk bayi tapi beberapa juga berbahaya. Buah yang berbahaya untuk bayi misalnya buah durian. Durian tidak mengandung nutrisi namun hanya rasa manis yang berlebih. Buah ini juga mengandung zat keras yang tidak aman jika dikonsumsi oleh bayi. Bayi yang diberikan durian bisa muntah karena pencernaannya masih belum kuat.

Buah nanas dan jeruk cenderung memiliki rasa asam yang tinggi sehingga membahayakan sistem pencernaan bayi. Selain itu, buah tomat dan strawberry yang memiliki tingkat keasaman tinggi juga malahan bisa berbahaya bagi bayi. Bayi bisa terkena ruam dan sistem kekebalannya bisa menurun akibat buah yang asam. Namun tomat tidak selamanya berbahaya, tomat yang manis justru aman untuk bayi. Tomat mengandung banyak serat, mineral seperti fosfor, magnesium, natrium dan vitamin A. Untuk menghindari tomat yang asam, pilihlah tomat apel yang memiliki warna kulit merah merata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s