Pencegahan dan Penanganan Perut Kembung Pada Anak Bayi

Gejalanya: perut anak bayi terlihat besar sekali dan jika diraba terasa kencang. Bayi sering tiba-tiba terbangun dari tidurnya dengan menangis sangat keras. Permintaan untuk menyusu meningkat karena proses menyusu memberi rasa nyaman untuk anak bayi.

Penanganan: taruh anak bayi dengan posisi setengah duduk disangga bantal sambil mengoleskan perut anak bayi dengan minyak telon dicampur minyak kayu putih sambil dipijat mulai dari ulu hati ke arah pusar. Lakukan juga pemijatan dari pinggang bagian kanan anak bayi ke arah pusar dan menuju pinggang bagian kiri.

Pemijatan harus dilakukan setidaknya 30 menit sesudah anak bayi menyusu atau sebelum anak bayi menyusu agar si kecil tidak muntah setelah dipijat dan ketika si kecil sudah tenang. Oleskan juga minyak telon di seluruh punggung sambil dipijat lembut, terutama di pangkal tulang ekor dengan gerakan agak menekan, buat lingkaran kecil dengan telapak tangan bunda. Pakaikan pakaian yang agak tebal, agar anak bayi berkeringat dan beri lapisan ekstra untuk daerah perut.

Pencegahan: jika udara terasa dingin, segera balut bagian perut anak bayi dengan stagen bayi. Tetapi ingat pemasangannya jangan terlalu kencang, cukup agar menempel dan tidak mudah merosot. Sebaiknya yang berbahan kaos atau bisa melar agar bayi leluasa bernapas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s