DEMAM PADA BAYI

Demam adalah kondisi dimana otak memprogram suhu tubuh di atas suhu yang normal yaitu diatas 38C. Namun demikian, panas yang sesungguhnya adalah bila suhu kurang dari 38.5C. Akibat tuntutan peningkatan suhu tersebut maka tubuh akan memproduksi panas yang tentunya menyebabkan bayi demam.

Selain mengganggu kesehatan bayi, dibeberapa kasus ada yang sampai menimbulkan kematian, tragis memang tapi tentunya hal ini bisa dicegah kalau kita tahu cara yang tepat

Demam bukan penyakit, demam adalah gejala (gejala demam) bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh kita. Batuk, muntah, diare juga bukan penyakit, melainkan gejala. Berhadapan dengan gejala-gejala tersebut, yang terpenting untuk dilakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya.

Memang, semua anak, tak terkecuali bayi, memiliki kemampuan untuk menaikkan suhu tubuh sebagai reaksi melawan penyakit akibat kuman ataupun virus yang menyerang tubuhnya, itulah kenapa bayi bisa sampai terkena demam, oleh karena itu kita sebagai orang tua hendaknya memberikan vaksinasi dan juga imunisasi sesegera mungkin yang tentunya akan membantu melindungi bayi dari serangan virus dan juga kuman.

Selain itu kalau bayi sudah terlanjur merasa demam, berikut ada beberapa cara sederhana yang bisa anda praktekan sendiri dirumah apabila bayi anda tiba-tiba demam, diantaranya adalah minum banyak, karena demam dapat menimbulkan dehidrasi selanjutnya kompres anak dengan air hangat bukan air dingin karena apabila diberi air dingin, otak bayi akan menyangka bahwa suhu diluar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas.
Akibatnya suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas, kalau suhu tubuhnya tidak menunjukan perubahan ada baiknya di beri obat penurun panas, tentunya yang mengandung acetaminophen atau paracetamol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s