CARA MENYUSUI BAYI

Menyusui bayi Anda bukanlah sekedar hal untuk memberi nutrisi pada buah hati Anda, namun hal tersebut juga merupakan sebagai tanda seorang Ibu yang merawat dan mencoba memberikan kenyamanan bagi buah hatinya.

Dengan menyusui memberikan banyak keuntungan bagi bayi Anda dan juga Anda sebagai ibu. Contohnya yakni dengan melakukan hal ini seorang ibu dapat menurunkan berat badannya lebih cepat.

Sedangkan untuk bayi, ia akan mengalami perkembangan otak yang baik sehingga berkecenderungan untuk memiliki tingkat IQ yang tinggi.

Banyak studi yang dilakukan menunjukan bahwa bayi-bayi yang mengkonsumsi ASI akan lebih kecil peluangnya untuk terkena penyakit diare, masalah pernafasan, dan dan infeksi pendengaran. Hal ini dikarenakan adanya faktor imun yang hadir pada colostrums pada ASI. Beberapa hasil penelitan lain juga menemukan bahwa ASI dapat melindungi bayi dari alergi.

Maka itu para ibu disarankan untuk menyusui buah hatinya paling tidak selama 6 bulan atau lebih dikenal dengan istilah ASI Ekslusif.

  1. Pastikan kedua tangan Anda bersih.
  2. Pilihlah posisi menyusui yang paling nyaman untuk Anda lakukan. Anda dapat melakukannya dengan posisi rebah ataupun duduk. Posisi juga perlu disesuaikan dengan kenyamanan bayi. Gunakan bantal jika perlu agar Anda juga berada pada posisi yang nyaman.
  3. Peluklah bayi Anda dengan posisi kepala, pinggang, dan bahu menghadap ke arah Anda. Pastikan mulut bayi berada dekat dengan dada Anda.
  4. Pastikan Anda merasakan tarikan pada puting susu, untuk memastikan bahwa bayi Anda sedang menyusui.
  5. Biarkan bayi Anda untuk menyusui selama ia mau (untuk pertama kalinya), untuk memastikan bahwa ia mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan.
  6. Untuk melepakan bayi dari puting susu Anda, masukan jari Anda (harus bersih) ke dalam mulutnya untuk melepaskan penyedotan, kemudian tariklah/jauhkan bayi Anda dari dada.
  7. Setelah selesai, usap punggung bayi agar ia bersendawa. Selanjutnya Anda dapat kembali menyusuinya dengan puting susu yang lain.
  8. Pastikan Anda menyusui bayi Anda 8-12 kali sehari, atau kapanpun ketika bayi Anda lapar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s